Senin, 18 Januari 2010

sampah dan sampah

Apa yang ada dalam pikiran kita saat kita melihat tumpukan sampah yang selalu menebar bau tak sedap bagi siapapun dan dimana pun?? menjijikan? barang yang kehilangan guna? atau "sisa kegiatan kita?".

Pertamanya, saya tidak menyangka bahwa saya akan membuat sebuah blog foto mengenai sampah, tumpukan barang yang sudah terabaikan orang. hanya sebagian orang saja yang peduli mengenai sampah. Dosen saya mengatakan "tak perlu hal besar untuk mengawali sebuah kreasi, cukup dengan pikiran sederhana saja kita bisa mengembangkan sesuatu", karenanya lah saya pada akhirnya memilih tema SAMPAH sebagai awal dari Blog saya.

Sampah mempunyai definisi bemacam-macam, yang intinya sama, salah satunya Sbb: "Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktivitas manusia maupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis.” (Istilah Lingkungan untuk Manajemen, Ecolink, 1996).

Foto ini saya ambil d Pondok Hijau (PH)...

PH adalah sebuah tempat di dataran cukup tinggi sehingga tidak mungkin mengalami banjir yang sangat besar. saat mengambil foto ini, sempat terlintas dalam benak saya, "Apa yang terjadi jika dari sekian banyak sampah-sampah ini bila terus dibiarkan menumpuk tanpa ada yang mengurusnya?? banjir? sudah pasti! dampak lain? mungkin nanti bajir air akan terkalahkan dengan banjir sampah!!".

saya jadi ingat kejadian dulu, saat sampah menumpuk di kota Bandung sehingga bau nya menyebar kemana-mana. saat itu orang tak lagi menyebut Bandung sebagai kota Kembang, tapi berubah menjadi "Bandung Kota Sampah atau Bandung Lautan Sampah". Akan kah hal tersebut terus berlanjut??

Namun manusia (sebagai faktor Utama Penghasil sampah ^^)tidak pernah kehilangan akal dan kreatifitas. dewasa ini, banyak sekali sampah-sampah yang di daur ulang menjadi berbagai kerajinan tangan yang menarik bahkan bisa menambah devisa negara, terutama dari sampah Anorganik, sampah-sampah yang berasal dari botol plastik dan sebagainya. dengan demikian, sampah pun kembali menjadi berguna dan banyak dimanfaatkan.




0 komentar:

Posting Komentar